OLYMPUS DIGITAL CAMERAPada konvensi APAC ke-11 (Februari 2012) bertempat di Novaliches-Filipina telah diputuskan dan disepakati bahwa Konvensi APAC ke-12 akan diselenggarakan di Indonesia pada tahun 2014. Maka APAC Executive Committee mendelegasikan para Suster OSA Ketapang dan Pastor OSA Papua menjadi tuan rumah penyelenggara APAC ke -12. Berkaitan dengan hal tersebut maka pada tanggal 25 Mei 2013 diadakan pertemuan antara Dewan Pimpinan Kongregasi Suster OSA Ketapang dengan Dewan Pimpinan Kongregasi OSA Putera Papua dan menyepakati bahwa APAC ke-12 akan diselenggarakan di Biara Suster St.Augustinus Ketapang pada tanggal 23-26 Oktober 2014, oleh karenanya telah ditentukan juga anggota inti Tim Persiapan APAC Indonesia yang diketuai oleh Sr. Felisitas N. Saptari, OSA.

Apakah APAC itu? APAC adalah “Asia Pacific Augustinian Conference” yang merupakan perkumpulan keluarga besar Biarawan-Biarawati Santo Augustinus yang berkarya di wilayah Asia-Pasifik seperti Australia, India, Jepang, Korea, Vietnam, Filipina dan Indonesia. APAC secara berkala diadakan setiap tiga tahun sekali untuk mendiskusikan, mengevaluasi, dan membicarakan bersama mengenai perkembangan karya-karya Kongregasi Augustinus dan peluang-peluang pelayanan serta sumbangsih yang dapat diwujud nyatakan demi kesejahteraan masyarakat yang dilayani.

Menindak lanjuti hasil pertemuan yang pertama, maka pada tanggal 20-22 September 2013 diadakan pertemuan Tim Persiapan APAC Indonesia yang kedua, bertempat di Biara Pusat Suster OSA Ketapang yang antara lain dihadiri oleh: Dewan Pimpinan Kongregasi Suster OSA Indonesia beserta beberapa suster yang terlibat di dalamnya, Fr. Bernard Holzer, A.A selaku President APAC-Filipina, dan dihadiri juga oleh tiga imam dari Kogregasi OSA Papua yakni; Fr. Paul Trorba, OSA, Fr. John Yampormase, OSA, Fr. Willie Jampa, OSA, serta anggota-anggota komisi lainnya yang telah dipilih.

Dalam pertemuan yang diadakan selama tiga hari tersebut telah disepakati beberapa agenda, sebagai berikut:

  1. Immersion Program Kaum Muda Augustinian – Augustinian Youth Encounter (AYE) tanggal 13-17 Oktober 2014

  2. Immersion Program untuk APAC Delegasi (Kunjungan Ke Komunitas Karya):

  1. Sorong – Papua, tanggal 19-22 Oktober 2013

  2. Ketapang; Tumbang Titi – Tanjung, tanggal 20-22 Oktober 2013

  1. Konvensi APAC, tanggal 23-26 Oktober 2013.

Ketiga agenda ini belumlah final tetapi masih akan dibahas kembali oleh APAC Executive Committee, maka masih ditunggu apa dan bagaimana langkah selanjutnya.

Di sela-sela padatnya acara pertemuan para tamu yang datang menyempatkan diri untuk mengunjungi karya-karya suster OSA yang ada di lingkungan biara pusat, serta mengunjungi keuskupan dan komunitas-komunitas religius yang ada di Ketapang. Tak lupa pula para tamu yang hadir diajak untuk melihat tempat wisata yang menjadi andalan di kota Ketapang, yakni Keraton Kerajaan Ketapang yang bernuansa kuning cerah.

‘Tak ada pertemuan tanpa perpisahan, pada tanggal 23 Oktober P. Bernard kembali ke Manila, sementara tiga saudara dari OSA Papua kembali pada keesokan harinya setelah sebelumnya mengadakan rekereasi ke pantai Air Mata Permai bersama para suster yang terlibat dalam Tim persiapan APAC.